Daerah

KIP Kota Lhokseumawe Gelar Simulasi Pemilihan

Selasa, 30 Januari 2024

Aradionews Lhokseumawe – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe melaksanakan simulasi pemilihan yang dilakukan secara nyata, agar para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan pemilih memahami alur ketika memilih.

Kegiatan simulasi pemilihan yang digelar dua pekan menjelang Pemilu 2024 itu berlangsung di halaman Kantor KIP Kota Lhokseumawe, Selasa 30 Januari 2024. Kegiatan tersebut berjalan lancar, disambut antusias oleh peserta simulasi.

Ketua KIP Kota Lhokseumawe, Abdul Hakim, mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan sosialisasi pada penghitungan surat suara Pemilu 2024 dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP). Sehingga pengumpulan hasil penghitungan akan lebih cepat di hari pemilihan.

“Hari ini, kami melakukan simulasi pemilihan secara nyata. Dari mulai persiapan, pendaftaran pemilih, hingga penghitungan surat suara. Sekaligus, simulasi penggunaan aplikasi SIREKAP. Adapun surat suara yang kita gunakan tidak asli,” katanya.

Ia melanjutkan, aplikasi SIREKAP merupakan aplikasi yang digunakan untuk menginput secara langsung hasil perolehan suara di lapangan setelah proses pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi selesai.

“Tujuan simulasi ini adalah sebagai upaya KIP Kota Lhokseumawe dalam mensosialisasikan kepada semua pihak bagaimana mekanisme proses pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi surat suara di lapangan,” ujarnya.

Ia menyebutkan tahapan selanjutnya adalah distribusi logistik ke seluruh lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di empat kecamatan yang ada di Kota Lhokseumawe pada H-1 Pemilu 2024.(aradio)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *