Daerah

PIM Pasang 190 PLTS Untuk Kurangi Emisi Karbon

Aradionews Aceh Utara – Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 48,6 dan 54 kilowatt peak (kwp).Mulai dipasang di area atap pabrik dan perkantoran PT.Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Pemasangan 190 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini tepatnya di atap gedung Learning Development Center (LDC) dan di area pengantongan pupuk urea, dengan luas area sebesar 465 meter persegi.

Vice President Pengembangan Bisnis, Safwat Ardy, Rabu (20/3/24) mengatakan, serangkaian upaya ini merupakan langkah awal PIM untuk mencapai target dekarbonisasi (pengurangan emisi karbon) lebih dari 30 persen pada 2030.

Yaitu dengan komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi hingga 31,89 persen dalam enhanced-determined contribution contribution (e-NDC),” ujarnya. 

Dan berdasarkan perhitungan dengan menggunakan PLTS, PIM dapat mengurangi emisi karbondioksida ekuivalen 87 ton per tahun atau setara dengan konsumsi listrik lebih dari 90 unit rumah dengan daya 900 volt-ampere.

Implementasi pemasangan PLTS ini merupakan aksi nyata PIM untuk mengatasi salah satu tantangan global yaitu perubahan iklim (climate change) dan ikut berkontribusi dalam mendukung program NZE (Net Zero Emission) pemerintah.

Selain PLTS, PIM melakukan aksi nyata lainnya dengan melakukan efisiensi penggunaan energi di peralatan pabrik dan penanaman pohon di area konservasi.

Total pengurangan emisi yang sudah dicapai PIM hingga Februari 2024 yaitu karbondioksida ekivalen 871,2 ton atau 22 persen dari target 3855 ton di tahun 2024.

Langkah strategis lainnya guna menggapai target tersebut, PIM berencana membangun pabrik blue ammonia, dimana karbondioksida dari hasil produk samping produksi ammonia disalurkan dan disimpan di bawah permukaan tanah atau disebut dengan carbon capture storage (CCS) dan proyek ini akan mengurangi emisi karbondioksida ekivalen sebesar 1 juta ton pertahun. (aradio)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *