TOP STORIES

JANGAN BERSEDIH….

Aradionews – Kesedihan adalah perasaan yang tidak menyenangkan dalam hati yang disebabkan oleh berbagai macam masalah.  Yang meliputi rasa kecewa karena sesuatu yang tidak kita inginkan, harapan yang tidak terpenuhi, ditinggalkan oleh orang yang kita cintai, atau bahkan kesedihan yang datang tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Namun, banyak pertanyaan apa penyebab sesungguhnya dari kesedihan ini sesungguhnya sangat berbeda dari apa yang pernah terjadi pada diri kita masing- masing. Karena setiap yang menyebabkan kesedihan pasti memiliki obatnya masing-masing.

Ada sebuah peribahasa

“Kesedihanmu adalah hadiah. Jangan tolak. Jangan terburu-buru. Jalani sepenuhnya dan gunakan sebagai bahan bakar untuk berubah dan tumbuh.”

Bahkan untuk menangisi masa mudamu, suatu hal sangat rugi karena tangisanmu tidak akan mampu membuat kamu muda lagi.

Masa lalu adalah sesuatu yang sudah berlalu. Bungkus masa lalu dengan rapi simpan dalam lemari besi di kamar yang gelap gulita atau lebih baik bungkusan masa lalu kamu buang dalam jurang yang dalam.

Dan tidak usah kamu khawatirkan masa depan, karena harimu adalah hari ini. Maka persembahkanlah setiap detik yang kau miliki untuk mempersembahkan shalat terbaik, memanjatkan doa-doa terbaik, bertutur kata yang baik karena siapa tahu satu kedipan mata berikutnya adalah tarikan nafas terakhirmu.

Menangisi masa lalu hanya akan mematikan tekad,memadamkan semangat hidup. Mustahil mengembalikan air sungai ke hulu, memasukkan bayi ke dalam rahim ibunya dan mengembalikan air mata ke kelopaknya.

Terimalah apa yang telah Allah berikan kepadamu dengan hati yang ikhlas; menerima kemampuan daya ingat, suara, bentuk tubuh, dua mata, dua tangan, dua kaki, anak, isteri/suami, rumah, maka dapat dipastikan kau adalah seseorang yang kaya raya.

Karena itu tidak usah bersedih. Jangan mengurung diri dalam kamar, karena kamar bukan alam semesta. Mengurung diri dalam kamar adalah bahaya bagi jiwa. Keluarlah dan bacalah lembaran-lembaran kehidupan yang sudah ditulis oleh yang maha hidup.

Datangilah tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi, mendaki di gunung-gunung dan ciumlah semerbak wangi mawar. Pasti sekembali dari sana gairah kehidupan kembali menggelora dalam jiwamu.

Maimun Asnawi, SH.I.,M.Kom.I (Penulis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *