Daerah

Danlanal Lhokseumawe, Resmikan Kampung Bahari Nusantara

Aradionews – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto meresmikan Gampong Neubok Naleung, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen sebagai Kampung Bahari Nusantara TNI AL Tahun 2023, Senin 4 Desember 2023.

Kegiatan yang mengusung tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi Ekonomi Masyarakat Maritim dan Terus Melaju untuk Indonesia Maju”  itu dilakukan serentak di 69 titik se-nusantara yang terpusat di Surabaya, serta dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut bersama unsur Forkopimda di Provinsi Jawa Timur.

“Peresmian Kampung Bahari Nusantara merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Armada RI Tahun 2023 dan juga dalam mendukung percepatan pembangunan di daerah pesisir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Kolonel Andi Susanto.

Dikatakannya, kegiatan tersebut merupakan program tahunan dari TNI Angkatan Laut dalam wujud karya bakti yang dilaksanakan di daerah-daerah pesisir laut.

Andi menambahkan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan lima bidang karya bakti program Angkatan Laut, di antaranya bidang pendidikan lingkungan, bantuan sarana prasarana kepada PAUD, bidang kesehatan dan layanan kesehatan, serta tempat tinggal dan bantuan dukungan sarana prasarana posyandu.

“Dalam bidang ekonomi, Lanal Lhokseumawe memberikan bantuan 100 ribu bibit udang di tambak yang berada di kawasan Ujung Bungong Jeumpa, Desa Neubok Naleung. Sementara pada bidang pariwisata juga memberikan bantuan gazebo dan pembangunan gapura,” katanya.

Sementara untuk bela negara, pihak Lanal Lhokseumawe membina Pramuka Saka Bahari untuk menumbuhkan cinta tanah air dan cinta kebaharian.

Andi menjelaskan bahwa karya bakti nusantara tersebut dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, namun untuk lokasinya berpindah-pindah, tepatnya di desa pesisir pantai sepanjang wilayah tugas Lanal Lhokseumawe.

“Pada tahun 2021 kita laksanakan di Lhokseumawe, kemudian tahun 2022 di Aceh Utara, pada tahun 2023 kali ini kita adakan di Kabupaten Bireun,” sebutnya.

Dalam kegiatan itu, Lanal  Lhokseumawe turut menggandeng stakeholder yang dapat memberikan partisipasinya pada masyarakat sehingga dapat bersinergi dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“TNI AL akan selalu hadir di tengah-tengah rakyat sebagai upaya dalam mendukung percepatan pembangunan di daerah pesisir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Camat Peudada Erry Seprinaldi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Danlanal Lhokseumawe yang telah meresmikan Gampong Neubok Naleung sebagai Kampung Bahari Nusantara.

“Kegiatan ini sangat berdampak luar biasa bagi masyarakat Peudada, terutama warga Gampong Neubok Naleung. Hal tersebut terlihat dari bangunan PAUD dan posyandu yang selama ini telantar, namun saat ini sudah bisa dimanfaatkan oleh warga,” katanya.

Tidak hanya sarana dan prasarana, kata Erry, Lanal Lhokseumawe juga memberikan bantuan bibit udang untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Saya berharap kepada Keuchik atau Kepala Desa Neubok Naleung untuk memberikan dukungan dengan menganggarkan dana desa tahun berikutnya agar program ini dapat terus berlanjut untuk kesejahteraan warga,” tutupnya.(aradio)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *